Penulis Utama : Mutsaqofatul Hayah
NIM / NIP : K3112054
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk kekerasan seksual yang dialami oleh anak yang menjadi korban pelecehan seksual, 2) Mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat dari pelecehan seksual anak, 3) Menemukan alternatif bantuan layanan bimbingan dan konseling yang tepat untuk berikan kepada anak yang menjadi korban pelecehan seksual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan tenik dari non probability sampling yaitu snowball sampling. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik yang digunakan untuk menguji data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis yang digunakan menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang menjadi korban pelecehan seksual belum tentu memiliki luka akibat kekerasan. Anak yang menjadi korban pelecehan seksual pasti memiliki dampak baik dari psikis maupun sosial. Dampak pada  anak  yang  mengalami  pelecehan  seksual  bisa  menjadi  dampak  jangka panjang yang sangat mempengaruhi masa depan sang anak. Dampak yang ditimbulkan bisa berupa malu, kecemasan, menyalahkan dirinya sendiri,  dan juga depresi. Alternatif bantuan yang bisa diberikan untuk anak yang menjadi korban pelecehan seksual yaitu berupa Konseling Perilaku Rasional Emotif.

Kata kunci: Studi Kasus, Pelecehan Seksual, Anak

×
Penulis Utama : Mutsaqofatul Hayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112054
Tahun : 2017
Judul : Studi Kasus Tentang Pelecehan Seksual Terhadap Anak dan Upaya Pencegahan Terjadinya Pelecehan Seksual (Penelitian Kasus di Dinas Kb, Pp dan Pa Kabupaten Cilacap).
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Bimbingan dan Konseling-K3112054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti S Fadhilah, M.Pd.,
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.