Penulis Utama : Sari Ikhwana
NIM / NIP : K7113195
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Bumirejo, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Mind Mapping dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Bumirejo tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Bumirejo. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model Mind Mapping dengan multimedia dan data kuantitatif berupa skor tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan keseimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) penerapan model Mind Mapping dengan multimedia melalui sembilan langkah yaitu penyampaian tujuan dengan multimedia, penyampaian materi dengan multimedia dan pencatatan, pembentukan kelompok, penentuan ide sentral, penentuan gagasan yang berhubungan dengan ide sentral, penghubungan gagasan dengan ide sentral, presentasi hasil diskusi, penguatan hasil diskusi, dan penutup; (2) penerapan  model Mind Mapping dapat meningkatkan pembelajaran dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa sebagai berikut: rata-rata skor siswa pada siklus I 80,9; siklus II 89,53; dan siklus III 95,31; (3) penerapan model Mind Mapping dengan multimedia ditemukan kendala yaitu guru kesulitan dalam  mengoperasikan multimedia dan solusi dari kendala tersebut adalah guru berlatih menggunakan multimedia untuk meningkatkan keterampilannya.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Bumirejo tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: model Mind Mapping, multimedia, pembelajaran IP

×
Penulis Utama : Sari Ikhwana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113195
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Mind Mapping dengan Multimedia untuk Meningkatkan Pembelajaran Ips Tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V Sdn 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113195-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.