Penulis Utama : Inayatust Sadiyah
NIM / NIP : K7115075
×

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki minat membaca tinggi dan minat membaca rendah; (2) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengalami pola asuh otoriter, permisif, dan demokratis; (3) interaksi antara minat membaca dan pola asuh orang tua dalam memengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Buluspesantren tahun ajaran 2018/2019.
Desain penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Kecamatan Buluspesantren yang menggunakan Kurikulum 2013 pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 498 siswa dari 19 sekolah dasar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V di sembilan SDN se-Kecamatan Buluspesantren yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS versi 18. Penelitian ini menggunakan metode komparasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data minat membaca dan pola asuh orang tua dan teknik tes untuk data hasil belajar IPS siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalur yang dilanjutkan dengan uji scheffe dengan taraf signifikansi 0,05 (5%).
Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki minat membaca tinggi dan minat membaca rendah (sig. 0,000 < ? (0,05) dan Fhitung (21,625) > Ftabel (3,921)) serta hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat membaca tinggi lebih baik daripada minat membaca rendah (rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan minat membaca tinggi yaitu 43,97 dan rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan minat membaca rendah yaitu 39,05). Kedua, tidak ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengalami pola asuh otoriter dan demokratis (sig. 0,944 > ? (0,05) dan Fhitung (0,005) < Ftabel> Ftabel (3,921)).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki minat membaca tinggi dan minat membaca rendah serta hasil belajar IPS siswa dengan minat membaca tinggi lebih baik daripada minat membaca rendah; (2) tidak ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengalami pola asuh otoriter dan demokratis; (3) ada interaksi antara minat membaca dan pola asuh dalam memengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Buluspesantren tahun 2018/2019.

Kata Kunci: minat membaca, pola asuh, hasil belajar IPS

×
Penulis Utama : Inayatust Sadiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115075
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Minat Membaca dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115075-2019
Kata Kunci : minat membaca, pola asuh, hasil belajar IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd
2. Dr. Suhartono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.