Penulis Utama : Wahyu Khasanah
NIM / NIP : K7115185
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, 2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III melalui penerapan model quantum teaching dengan multimedia, 3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa:  1)  langkah-langkah  penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, yaitu: a) tumbuhkan dengan multimedia, b) alami dengan multimedia, c) namai dengan multimedia, d) demontrasikan dengan multimedia, e) ulangi dengan multimedia, dan f) rayakan dengan multimedia; 2) penerapan model quantum teaching dengan mutimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri Jatimulyo tahun ajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yaitu 73,91% pada siklus I, 84,78% pada siklus II, dan 93,48% pada siklus III; 3) kendala penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, yaitu: a) masih ada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan b) masih ada siswa yang pasif saat guru melakukan tanya jawab. Adapun solusi dari kendala di atas, yaitu: guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan guru merangsang siswa yang pasif untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dengan mutimedia yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri Jatimulyo tahun ajaran
2018/2019.

Kata Kunci: quantum teaching, multimedia, hasil belajar IPS

×
Penulis Utama : Wahyu Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115185
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri Jatimulyo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115185 -2019
Kata Kunci : quantum teaching, multimedia, hasil belajar IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Chamdani, M.Pd
2. Ratna Hidayah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.