Penulis Utama : Arieska Gusnindasari Wibowo
NIM / NIP : D1416008
×

ABSTRAK

iNews  TV  Yogyakarta  merupakan  televisi  lokal  di  Yogyakarta  yang  masih menjadi bagian dari televisi swasta iNews TV yang diresmikan pada 6 April 2015 setelah sebelumnya bernama SUN TV dan SINDOtv. iNews TV sebagai televisi yang mengusung program berita sebagai tayangan utamanya berupaya untuk memenuhi   kebutuhan   informasi   yang   sangat   diperlukan   oleh   masyarakat Indonesia.  iNews  TV  memiliki  visi  menjadi  televisi  swasta  nasional  dengan konsep lokal berjaringan yang menayangkan program – program referensi memberikan informasi dan inspirasi yang kaya akan ragam konten lokal, nasional, maupun internasional. Hal inilah ynag membuat penulis menjadikan iNews TV Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Media.
Video editing menurut Morissan dalam bukunya jurnalistik televisi mutakhir (Morissan   M.   A.,   Jurnalistik   Televisi   Mutakhir,   2008)   adalah   pekerjaan memotong – motong dan merangkaikan atau menyambung potongan – potongan gambar sehingga menjadi film berita yang utuh dan dapat dimengerti. Proses editing merupakan serangkaian dari proses pasca – produksi dan merupakan tahapan yang penting agar materi dapat disampaikan dengan jelas dan menarik.
Kuliah Kerja Media (KKM) yang penulis ikuti selama dua bulan lebih enam hari di iNews Yogyakarta penulis lebih memahami bagaimana terjun langsung dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Penulis juga memiliki pengalaman adalam bidang editing program berita. Mulai dari mempersiapkan materi editing, menyortir data, mengedit sesuai naskah, menyeimbangkan Voice Over dengan atmosfer audio, pemberian CG serta mengatasi berbagai permasalahan yang timbul selama mengedit berita.
Kesimpulan penulis mengenai proses editing video pada program Seputar iNews Yogyakarta  adalah  bahwa  untuk  mengedit  berita  diperlukan  beberapa  tahap terlebih dahulu seperti pembuatan naskah oleh Produser, perekaman Voice Over oleh seorang dubber, dan barulah seorang editor mampu mengedit materi yang sebelumnya sudah di unduh dan di sortir dan menggabungkannya dengan VO yang telah dibuat. Disini peran seorang editor sangatlah penting agar berita yang nantinya akan ditayangkan mampu diterima oleh pemirsa. Seorang editor harus memiliki inisiatif tinggi, tekun, kreatifitas, tanggap dan mampu menyelesaikan tanggung jawab dengan cepat.

Kata kunci : Televisi, Editing , Program Berita, UNS, iNews TV

 

×
Penulis Utama : Arieska Gusnindasari Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416008
Tahun : 2019
Judul : Proses editing video berita pada program seputar iNews Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Penyiaran-D1416008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.