Penulis Utama : Ayu Mardhiyah
NIM / NIP : C0214011
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah realisasi tindak tutur direktif narasumber dalam acara Women’s Day di Radio Metta FM?   dan (2) bagaimanakah penggunaan strategi kesantunan narasumber dalam acara Women’s Day di Radio Metta FM?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif narasumber terdapat dalam acara Women’s Day di Radio Metta FM, dan (2) Mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan narasumber dalam acara Women’s Day di Radio Metta FM.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini berasal dari rekaman siaran acara Women’s Day di Radio Metta FM. Data yang diambil berupa tuturan yang di dalamnya mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Data dikumpulkan dengan metode simak menggunakan teknik rekam. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode konstekstual. Metode penyajian analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.
Hasil analisis data pada penelitian pada  acara  Women’s  Day  di Radio Metta FM  ditemukan  lima tindak  tutur direktif,  yaitu  tindak tutur  menyuruh, tindak  tutur  melarang,  tindak  tutur  menyarankan,  tindak  tutur  meminta,  dan tindak tutur mengizinkan. Sementara itu, strategi kesantunan narasumber yang ditemukan acara Women’s Day di Radio Metta FM sebanyak empat strategi, yakni strategi tanpa basa-basi (bald on record), strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif dan strategi samar-samar. Selain keempat strategi tersebut, ditemukan pula gabungan dua strategi kesantunan negatif dan kombinasi antara kesantunan positif dan kesantunan negatif.

Kata Kunci: tindak tutur direktif, strategi kesantunan, talkshow radio.

 

×
Penulis Utama : Ayu Mardhiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214011
Tahun : 2019
Judul : Tindak tutur direktif dan strategi kesantunan narasumber dalam acara women’s day di Radio Metta Fm Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia-C0214011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.