Penulis Utama : Halida Sophia Salma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216025
Tahun : 2019
Judul : Penerapan event sponsorship PT. Sinar Sosro KP Solo 2 sebagai sarana promosi untuk membangun kemitraan dengan pelanggan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Manajemen Pemasaran-F3216025-2019
Subyek : KEMITRAAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sponsorship adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk atau layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Secara sederhana sponsorship dapat diartikan sebagai dukungan dana atau keuangan atau bentuk dukungan yang lainnya agar pihak yang menerima sponsor dapat merasakan manfaat positif seperti keuangan yang lebih kokoh dan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Event Sponsorship PT. Sinar Sosro Kp Solo 2, untuk mengetahui prioritas yang dipilih dalam sponsorship oleh PT. Sinar Sosro KP Solo 2, untuk mengetahui kendala-kendala sponsorship apa saja yang dihadapi oleh PT. Sinar Sosro KP Solo 2.

Metode penelitian menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti di PT.Sinar Sosro KP Solo 2.Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan supervesior PT. Sinar Sosro KP Solo 2 sedangkan data sekunder diperoleh dari foto, buku dan website PT. SinarSosro.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa PT. Sinar Sosro KP Solo 2 menerapkan dua jenis sponsorship yaitu sponsorship event dan sponsorship outlet. Sebagai pelopor minuman teh ready to drink, Sosro telah dikenal baik oleh masyarakat luas yang dapat menjadi faktor pendukung dalam melakukan kegiatan promosi melalui sponsorship. Namun, support sponsor kantor penjualan sosro bukan berupa dana, melainkan produk-produknya. Hal tersebut, merupakan kebijakan dari kantor pusat. Jika sponsor berupa dana, takutnya diselewangkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sumber daya manusia pada PT. Sinar Sosro KP Solo 2 juga dapat menjadi faktor penghambat apabila kegiatan atau pekerjaan dirangkap oleh satu orang saja.

Peneliti memberikan saran untuk PT. Sinar Sosro KP Solo 2 agar lebih mengawasi dan memperhatikan kegiatan event-event yang terlibat kerjasama dengan pihak perusahaan agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan saling menguntungkan. PT. Sinar Sosro KP Solo 2 harus memaksimalkan sumber daya manusia yang ada atau menambah SDM untuk mencapai tujuan dari setiap kerjasama dengan pihak luar. Pihak perusahaan sosro memperlihatkan adanya bentuk perhatian kepada pihak sponsorship outlet untuk memberikan hadiah agar pihak outlet merasa diperhatikan dan lebih semangat lagi melakukan penjualan produk sosro sehingga membangun hubungan kemitraan yang baik dalam jangka waktu yang panjang.

Kata Kunci : Sponsorship, Kemitraan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003121449321002.jpg
depan_1.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab 4_1.pdf
dapus_1.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pram Suryanadi S.E.,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis