Penulis Utama : Sella Permata Sari
NIM / NIP : K1215041
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Kebakkramat dengan menerapkan metode menulis berantai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Kebakkramat tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berupa informan, tempat dan peristiwa proses pembelajaran, serta dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes/unjuk kerja, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur pembelajaran yang dilaksanakan meliputi: (1) siswa dibagi menjadi kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang; (2) guru dan siswa bersama-sama menentukan tema pantun yang akan dibuat; (3) siswa membuat satu baris pantun dan baris selanjutnya dilanjutkan oleh siswa lain dalam kelompok hingga terbentuk pantun yang lengkap; (4) pada setiap akhir baris siswa menuliskan nama, hal ini diperlukan untuk mengetahui siapa yang menuliskan baris yang tidak sesuai dengan baris sebelumnya; (5) hasil akhir pantun direvisi oleh seluruh anggota kelompok, kemudian kata yang tidak sesuai ditandai dan dikoreksi; (6) tiap kelompok membacakan pantun yang telah dibuat; dan (7) guru dan kelompok lain merespon pantun yang dibacakan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode menulis berantai dapat meningkatkan motivasi serta keterampilan menulis pantun siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase: (1) motivasi siswa terus meningkat dari siklus I ke siklus II; (2) keterampilan menulis pantun siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebesar 30% pada kegiatan pratindakan, kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus I serta kembali mengalami peningkatan sebesar 96,875% pada siklus II; (3) nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hal tersebut tersebut terbukti nilai rata-rata pratindakan yang hanya 72,13, kemudian 84,25 pada siklus I, dan 87,125 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode menulis berantai dapat meningkatkan motivasi serta keterampilan menulis pantun siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Kebakkramat.

Kata kunci: metode menulis berantai, menulis pantun, motivasi menulis

 

×
Penulis Utama : Sella Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215041
Tahun : 2019
Judul : Penerapan metode menulis berantai untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kebakkramat
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215041-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, S.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.