Penulis Utama : Shara Mutiara Balqis
NIM / NIP : F0315087
×

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap profitabilitas perbankan. Penelitian ini didasarkan pada sampel entitas perbankan umum konvensional di Indonesia pada tahun 2015 sampai 2017. Penelitian ini menggunakan sampel 105 bank konvensional. Teknik pemilihan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Terdapat lima variabel independen GCG yaitu kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, proporsi Dewan Komisaris Independen, Dewan Komisaris wanita dan jumlah rapat Dewan Komisaris. Variabel dependen kinerja keuangan yang digunakan adalah Return On Assets (ROA) untuk mengukur profitabilitas perbankan. Analisis regresi dilakukan dengan dua model, analisis menggunakan data bank konvensional. Hasil penelitian menunjukkan Dewan Komisaris wanita dan jumlah rapat Dewan Komisaris memiliki pengaruh positif terhadap ROA dan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan proporsi Dewan Komisaris independen tidak memiliki pengaruh terhadap ROA .

Kata kunci:Good Corporate Governance(GCG), Return On Assets (ROA), Profitabilitas Perbankan

×
Penulis Utama : Shara Mutiara Balqis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0315087
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Corporate Governance terhadap profitabilitas perbankan indonesia (studi empiris perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Jur. Akuntansi-F0315087-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hartoko M.BA, Ak, CA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.