Penulis Utama : Yolandha Friscilla Siahaan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216059
Tahun : 2019
Judul : Upaya PT Sun Star Motor Solo dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada merek mitsubishi Xpander untuk meningkatkan daya tarik konsumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Manajemen Pemasaran-F3216059-2019
Subyek : DAYA TARIK KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Loyalitas Merek merupakan ukuran keterkaitan pelanggan terhadap sebuah merek. Ukuran tersebut mampu memberikan gambaran tentang mungkin atau tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek lain, terutama jika didapati adanya perubahan yang baik dari kualitas pelayanan maupun kualitas produk yang diberikan perusahaan yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Loyalitas terhadap sebuah merek merupakan hasil dari suatu keputusan yang berulang-ulang dan kuatnya komitmen terhadap suatu merek. Pada kondisi bisnis yang sangat kompetitif ini, dimana tingkat persaingan yang tinggi dengan differensiasi produk yang begitu beragam, maka kepuasan dan loyalitas pelanggan menjadi sangat penting untuk meningkatkan keuntungan sehingga perusahaan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Dalam hal ini PT. Sun Star Motor Solo yang sudah memiliki ATPM bekerja sama dengan pabrik pembuat mobil yaitu PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors memiliki program fokus pada pelanggan dan berharap pelanggan menjadi loyal terhadap perusahaan.

Metode yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan studi pustaka serta pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data dengan mengunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan dan menceritakan suatu keadaan, situasi yang terjadi pada suatu objek yang diteliti sesuai dengan kenyataan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Sun Star Motor Solo yang terletak di Jalan Kolonel Sutarto No. 19 Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Dalam hal ini PT. Sun Star Motor sudah hampir memenuhi 5 (lima) variabel yang mempengaruhi loyalitas dan kepuasan pelanggan yaitu Bukti Langsung, Ketanggapan, Jaminan, Empati, hanya saja dalam Keandalan belum maksimal yakni terkait kemudahan dalam pemesanan dan penyediaan warna produk mobil sesuai keinginan konsumen yang lambat.

Berdasarkan hasil penelitian ini, kesimpulan yang didapat adalah PT. Sun Star Motor Solo sudah berupaya untuk mempertahankan loyalitas merek dengan memberikan kualitas pelayanan dan produk yang baik sehingga konsumen merasa puas. Sedangkan saran untuk perusahaan yaitu PT. Sun Star Motor sebaiknya memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya sesuai permintaan pasar pada saat itu. Dengan meminimalkan resiko datangnya barang yang dibutuhkan maka dengan adanya persediaan yang mencukupi perusahaan masih tetap dapat melakukan operasi sebagaimana biasanya sehingga konsumen tidak kecewa.

Kata Kunci: Loyalitas merek, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produk

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003121449321003.jpg
depan_1.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab 4_1.pdf
dapus_1.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Catur Sugiarto, S.E, M.S.M, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis