Penulis Utama : Bah Evan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514014
Tahun : 2019
Judul : Performa pipa kondensor type helical coil pada proses pirolisis biomassa limbah aren dengan variasi diameter coil dan arah aliran media pendingin terhadap kuantitas liquid smoke
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik jur. Teknik Mesin-K2514014-2019
Subyek : COIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kebutuhan energi dunia masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai penyangga utama. Sumber energi fosil semakin langka dan mahal karena ketersediaannya terbatas. Keterbatasan sumber energi fosil dapat digantikan dengan tindakan pemanfaatan sampah menjadi biomassa sebagai sumber energi baru terbarukan. Pengolahan biomassa dapat dilakukan dengan proses pyrolysis karena keunggulan produk yang dihasilkan bervariasi seperti arang, liquid smoke dan gas permanen. Proses dekomposisi pada pyrolysis melepaskan uap yang dikondensasi menjadi liquid smoke. Kondensasi liquid smoke memerlukan performa kondensor yang efektif agar dapat mengubah uap menjadi cairan secara optimal. Kondensor tipe helical coil tube memiliki bidang konduksi yang baik antara fluida uap dengan fluida pendingin, sehingga proses perpindahan panas yang terjadi semakin efektif. Penggunaan arah aliran media pendingin pada kondensor juga dinilai mempengaruhi performa dari helical coil tube. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diameter coil kondensor tipe helical coil tube dan arah aliran media pendingin terhadap kuantitas liquid smoke pada uji pyrolysis.
    Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengukuran kuantitas liquid smoke. Teknik pengumpulan data dalam pengukuran temperatur reaktor pirolisis menggunakan termokopel tipe K, pengukuran laju aliran media pendingin menggunakan flow meter, pengukuran kuantitas liquid smoke menggunakan gelas ukur dengan satuan ml. Teknik analisis menggunakan deskripsi kuantitatif dengan pendekatan komparatif.
    Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh ukuran diameter coil dengan variasi 70mm, 90mm, dan 110mm  pada arah aliran media pendingin searah fluida uap kuantitas liquid smoke yang dihasilkan adalah 69,67mL, 59,67mL, dan 56,33mL. Hasil pengujian helical coil tube pada arah aliran media pendingin berlawanan arah fluida uap dengan variasi diameter coil 70mm, 90mm, dan 110mm adalah 65,67mL, 55,67mL, dan 46,67mL. Kondensor menggunakan diameter coil 70mm dengan arah aliran media pendingin searah fluida uap paling optimal menghasilkan liquid smoke di antara variasi pengujian yang dilakukan.
    
Kata Kunci : Pirolisis, biomassa, limbah aren, helical coil, liquid smoke

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003121446511001.jpg
depan_1.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab_4.pdf
bab 5_1.pdf
dapus_1.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T
2. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik