Penulis Utama : Bella Ristiana Putri
NIM / NIP : K1215012
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan gaya bahasa dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra; 2) penggunaan diksi dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra; dan 3) relevansi antara buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua Karya Boy Candra dengan materi pembelajaran puisi kelas X SMA.
    Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika untuk mendiskripsikan penggunaan gaya bahasa dan diksi dalam buku kumpulan puisi. Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa naskah (teks) yaitu buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat BerduaKarya Boy Candra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen/analisis isi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data interaktif. Analisis data tersebut terdiri dari 3 komponen antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data yang digunakan berupa trianggulasi data.
    Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penggunaan gaya bahasa yang ditemukan dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua berupa gaya bahasa perbandingan, penegasan, dan pertentangan. Gaya bahasa perbandingan berupa metafora merupakan gaya bahasa yang paling dominan; (2) penggunaan diksi yang ditemukan dalam buku kumpulan puisi tersebut berupa konotatif dan denotatif. Diksi yang paling dominan adalah konotatif; dan 3) Buku kumpulan puisi tersebut dapat direlevansikan sebagai materi ajar menulis puisi kelas X SMA.
Kata kunci: gaya bahasa, diksi, karya sastra, materi ajar menulis puisi

×
Penulis Utama : Bella Ristiana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215012
Tahun : 2019
Judul : Analisis gaya bahasa dan diksi dalam buku kumpulan puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua karya Boy Candra dan relevansinya sebagai materi ajar menulis puisi kelas X sekolah menengah atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S. S., M. Hum
2. Dr. Atikah Anindyarini, S. S., M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.