Penulis Utama : Janitra Rendrahadi Hantoro
NIM / NIP : H0714075
×

Kesemek merupakan salah satu komoditas hortikultura yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia khususnya dataran tinggi namun kurang dimaksimalkan produksinya. Meskipun begitu penemuan sebaran dan pengajian lebih lanjut mengenai morfologi tanaman kesemek di Indonesia khususnya Jawa Timur masih kurang. Studi mengenai karakter morfologi kesemek diperlukan untuk mendukung kegiatan pemuliaan tanaman.
Penelitian bertujuan untuk memberikan informasi karakter morfologi kesemek di Magetan dan mengetahui tingkat keragaman kesemek berdasarkan karakter morfologinya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2018 di desa Singolangu,Kecamatan Plaosan,Kabupaten Magetan,Provinsi Jawa Timur. Bahan yang digunakan adalah 15 sampel tanaman kesemek. Variabel pengamatan meliputi keadaan geografis penelitian dan pengamatan sifat-sifat morfologi tanaman (pohon, batang, daun, buah). Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif. Pengelompokkan unsur antar sampel dilakukan dengan analisis cluster menggunakan metode UPGMA menggunakan NTSYS. Hasil analisis cluster disajikan dalam bentuk dendogram.
Hasil menunjukkan kesemek Magetan memiliki karakter yang beragam tetapi beberapa variable pengamatan menunjukkan seragam. Tinggi tanaman antara 10,48 – 17,84 meter. Bentuk tajuk irregular dan semi circular dan kepadatan tajuk yang beragam. Bentuk batang kesemek bulat dengan permukaan batang yang kasar serta pola percabangan tegak dan verticillate.Daun berwarna hijau tua,pangkal dan ujung daun tumpul dan membulat.Warna daging buah jingga dan jingga kekuningan serta berat buah yang cukup berat.
Koefisien kemiripan kesemek termasuk rendah yaitu mencapai 59% sampel kesemek magetan dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu 3 kelompok yakni kelompok A,B,C. Kelompok A yaitu K1,K6,K11,K7,K12,K2,K13,K14,K15 dan K8. Kelompok B terdiri dari K4,K10,K9 dan K5. Kelompok C hanya terdiri K3. Diantara ketiga kelompok hampir semua sampel tanaman merupakan tanaman unggul karena ukuran buah seragam, daging buah manis,kenampakan buahnya baik serta intensitas buahnya tinggi.

 

×
Penulis Utama : Janitra Rendrahadi Hantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0714075
Tahun : 2019
Judul : Karakterisasi morfologi kesemek (Diospyros Kaki L) Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog Studi Agroteknologi-H0714075-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sri Nyoto.
2. Ir. Sukaya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.