Penulis Utama : Ivan Kurniawan
NIM / NIP : K2515042
×

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh variasi temperatur pada pirolisis limbah plastik HDPE terhadap kuantitas synthetic-oil; (2) pengaruh variasi temperatur pada pirolisis limbah plastik LDPE terhadap kuantitas synthetic-oil; (3) perbandingan pirolisis plastik jenis HDPE dan LDPE terhadap kuantitas synthetic-oil.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian sample limbah HDPE dan LDPE dengan tiga variasi temperatur pengujian 300 °C; 400 °C; dan 500 °C. High density polyethylene (HDPE) dan low density polyethylene (LDPE) limbah plastik diuji pirolisis pada kisaran temperatur 300 s.d. 500 °C menghasilkan produk synthetic-oil, synthetic-gas dan fraksi padat (char). Synthetic-oil hasil dari pengujian pirolisis mendapat perlakuan lanjut sedimentasi, filtrasi zeolit aktif, dan filtrasi karbon aktif untuk meningkatkan kualitas. Synthetic-oil dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin. Char dapat digunakan sebagai aditif dalam produksi epoxy komposit. Dibandingkan dengan pirolisis plastik, jelaga dan tar hasil biomassa selama pirolisis jauh lebih rendah, sedangkan gas dan arang hasil lebih tinggi. Hal ini disebabkan perbedaan komposisi dalam bahan bakar baku, seperti plastik terutama terdiri dari polimer hidrokarbon, sedangkan biomassa seperti jerami gandum terdiri dari selulosa, hemiselulosa, dan lignin, yang memiliki konsentrasi oksigen jauh lebih tinggi dari plastik dan lebih stabil untuk terbakar. Temperatur pengujian pirolisis berpengaruh pada produk synthetic-gas, kualitas char dan kuantitas synthetic-oil.
Dengan meningkatnya temperatur pengujian pirolisis, peningkatan volume dan kuantitas synthetic-oil umumnya bertambah. Prosentase peningkatan volume sample limbah HDPE menunjukkan peningkatan sebesar 13,8% sedangkan pada sample limbah LDPE 12,8%. Feedstock yang diujikan sample limbah HDPE dan sample limbah LDPE 500 gram pada masing-masing temperatur pengujian. Pada proses pirolisis, semakin tinggi temperatur meningkatkan kuantitas synthetic-oil, baik sample HDPE maupun LDPE dengan prosentase peningkatan lebih besar pada sample HDPE.

Kata Kunci : limbah plastik, pirolisis, synthetic-oil

 

×
Penulis Utama : Ivan Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515042
Tahun : 2019
Judul : Analisis kuantitas synthetic- oil hasil pirolisis limbah plastik HDPE dan LDPE dengan variasi temperatur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Teknik Mesin-K2515042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
2. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.