Penulis Utama : Damar Prasetyo Wibowo
NIM / NIP : F3416019
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan saat sebelum dan sesudah dilakukan penilaian. Serta mengetahui hambatan sehingga tidak dilakukannya penilaian kembali.
Metode yang digunakan dengan membandingkan antara teori yang dipelajari dengan kasus yang terjadi dilapangan dengan pengumpulan data primer dan wawancara dengan pemangku kepentingan.
Hasil dari penelitian adalah sebelum dilakukan penilaian penerimaan pajak cenderung fluktuatif dan nilai sebagai pokok pajak tidak sesuai dengan tahun bersangkutan. Dimana kenaikan tertinggi hanya pada tahun 2015 dengan prosntase 28,51% sementara tahun setelahnya cenderung mengalami penurunan dengan kisaran tidak lebih dari 10%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan penilaian sesai dengan tahun bersangkutan akan diperoleh penerimaan pajak yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Rata-rata kenaikan sebesar 8,17% dengan asumsi tidak ada penambahan wajib pajak. Sementara perkiraan realisasi pendapatannya juga cenderung meningkat walaupun tidak signifikan namun realistis jika dikaitkan dengan nilai obyek pada tahun berjalan.
Berdasarkan hasil dari penelitian, peneliti dapat memberikan saran yaitu dengan mencari dan menghimpun data pembanding, membuat kebijakan mengenai jangka waktu penilaian, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang mekanisme pengenaan pajak bumi dan bangunan.

Kata kunci : Penilaian, Penerimaan Pajak, PBB P-2

×
Penulis Utama : Damar Prasetyo Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3416019
Tahun : 2019
Judul : Analisis jangka waktu penilaian objek pajak bumi dan bangunan terhadap kesesuaian nilai jual dan pengaruhnya terhadap penerimaan PBB P-2 kabupaten Magelang tahun 2014-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Perpajakan-F3416019-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Trisninik Ratih Wulandari, S.E., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.