Penulis Utama : Fadhilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214037
Tahun : 2019
Judul : Televisi dan masyarakat usia lanjut (studi tentang penggunaan televisi pada masyarakat kalangan usia lanjut perkotaan di kecamatan Klojen kota Malang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0214037-2019
Subyek : TELEVISI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Televisi merupakan salah satu media informasi dan komunikasi utama yang banyak digunakan oleh masyarakat luas terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Diantara sekian golongan khalayak pengguna televisi, lansia merupakan salah satu pengguna yang dinilai cukup selektif dalam menggunakan televisi. Salah satunya masyarakat usia lanjut yang tinggal di Kecamatan Klojen Kota Malang.
Penelitian ini menyoroti bangaimana penggunaan televisi pada kalangan masyarakat usia lanjut khususnya yang bertempat tinggal di Kecamatan Klojen Kota Malang: seberapa jauh masyarakat usia lanjut dalam meminati media televisi, apa saja motif lansia dalam menggunakan televisi, apa saja jenis program televisi yang cenderung di senangi oleh para lansia, serta bagaimana pandangan lasia di Kecamatan Klojen terhadap tayangan televisi yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus yang berorientasi pada sifat unik yang diteliti dan fokus pada permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber.
Hasil pada penelitian ini adalah masyarakat usia lanjut di Kecamatan Klojen Kota Malang terkesan memiliki minat yang cukup tinggi dalam menggunakan media televisi. Motif masyarakat usia lanjut di Kecamatan Klojen Kota Malang dalam menggunakan televisi terbagi menjadi empat yaitu motif mendapatkan informasi, motif mendapatkan pegetahuan agama, motif mendapatkan hiburan serta motif mempelajari pengetahuan praktik. Jenis program yang cenderung disukai/ disenangi oleh Masyarakat usia lanjut di Kecamatan Klojen Kota Malang ini erat kaitannya dengan motif dan minat mereka dalam menonton televisi. Masyarakat usia lanjut di Kecamatan Klojen Kota Malang cenderung memandang tayangan televisi yang baik adalah tayangan televisi yang mampu mendidik penontonnya.

Kata Kunci: Lansia, televisi, media, penggunaan media, masyarakat perkotaan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003121441231004.jpg
depan_1.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab 4_1.pdf
dapus_1.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP