Penulis Utama : Silvi Kartikasari
NIM / NIP : R0215092
×

Abstrak

Latar Belakang : Berdasarkan survei awal di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar, operator sewing hanya mampu menghasilkan rata-rata 160 potong baju/hari dari target yang ditentukan perusahaan yaitu 320 potong baju/hari. Peneliti menganalisis kategori stres kerja, beban kerja fisik dan beban kerja mental. Data tersebut menunjukkan bahwa beberapa operator sewing mengalami stres kerja kategori sedang dan tinggi serta beban kerja fisik dan beban kerja mental berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja fisik dan beban kerja mental terhadap stres kerja pada operator sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 operator sewing berjenis kelamin wanita dengan menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Variabel dalam penelitian ini adalah beban kerja fisik, beban kerja mental dan stres kerja. Analisis data yaitu univariat dan bivariat dilakukan dengan uji statistik somer’s d.

Hasil : Hasil analisis pengaruh beban kerja fisik terhadap stres kerja pada operator sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan dapat dilihat dari P-value = 0,907 (p= 0,907) dengan kekuatan korelasi 0,019. Sedangkan untuk pengaruh beban kerja mental terhadap stres kerja pada operator sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, dapat dilihat dari nilai P-value = 0,002 (p= 0,002) dengan kekuatan korelasi 0,420.

Simpulan : Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh beban kerja fisik terhadap stres kerja pada operator sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar, tetapi ada pengaruh beban kerja mental terhadap stres kerja pada operator sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar.

Kata Kunci : Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental, Stres Kerja

×
Penulis Utama : Silvi Kartikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215092
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Beban Kerja Fisik dan Mental terhadap Stres Kerja pada Operator Sewing di CV Tiga Selaras Bersama Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215092-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati, S.ST.,M.Si.
2. Maria Paskanita W, S.K.M.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.