Penulis Utama : Ajengyantri Vaccaea Wulandini
NIM / NIP : R0215005
×

Abstrak

Latar Belakang : Bekerja selama > 6 jam di ladang per hari, terpapar sinar matahari, hanya minum dari sumur dan hanya mengonsumsi.

Metode : Jenis penelitian ini adalah Observasional Analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan, didapatkan sampel minimal sejumlah 86 orang. Variabel dalam penelitian ini meliputi konsumsi air berdasarkan data yang diambil dari responden dan status hidrasi berdasarkan Berat Jenis Urin (BJU) responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar data identitas, lembar data konsumsi air, dan lembar Informed Consent. Analisis bivariat menggunakan uji statistik korelasi Spearment rank dengan SPSS 20.

Hasil : Rata-rata Konsumsi air petani sebanyak 1019,77 ml dalam 7 jam dan nilai rata-rata berat jenis urin sebesar 1,0185 g/ml. Perhitungan korelasi rank Spearman menunjukan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara hubungan konsumsi air minum dengan status hidrasi.

Simpulan : Terdapat hubungan berlawanan yang bermakna antara konsumsi air minum saat bekerja dengan status hidrasi dengan korelasi kuat.

Kata Kunci : konsumsi air, status hidrasi, dehidrasi, berat jenis urin

×
Penulis Utama : Ajengyantri Vaccaea Wulandini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215005
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Konsumsi Air Minum Saat Bekerja dengan Status Hidrasi pada Petani Padi di Desa Macanan Kebakkramat Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusuf Ari Mashuri, dr., M.Sc.
2. RAJ Sri Wulandari, dr., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.