Penulis Utama : Rafi Faruq Haidar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214079
Tahun : 2019
Judul : Strategi adaptasi komunikasi antar budaya mahasiswa asing dalam mencapai keberhasilan pembelajaran di UNS Surakarta (studi deskriptif kualitatif strategi adaptasi komunikasi antar budaya mahasiswa asing dalam mencapai keberhasilan pembelajaran di Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP jur. Ilmu Komunikasi-D0214079-2019
Subyek : KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Adaptasi   komunikasi   budaya   merupakan   cara   untuk   mengadakan perubahan  dengan  melakukan  proses penyesuaian  perilaku dan  penting  dalam kehidupan. Khususnya bagi mahasiswa asing perlu melakukan komunikasi antar budaya, sehingga mampu menyesuaikan dengan lingkungan kampus. Diharapkan mahasiswa asing mampu melakukan adaptasi antar budaya agar keberhasilan belajar dapat optimal. Kenyataannya, banyak mahasiswa asing merasa kesulitan saat melakukan adaptasi, sehingga diperlukan strategi adaptasi antar budaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hambatan adaptasi komunikasi budaya mahasiswa asing untuk mencapai keberhasilan pembelajaran di UNS.  (2) pelaksanaan strategi komunikasi dalam mengatasi hambatan adaptasi komunikasi antar budaya mahasiswa asing guna mencapai keberhasilan pembelajaran di UNS
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Univeversitas Sebelas Maret Angkatan Tahun 2017/2018 berjumlah 95 mahasiswa. Informan yang dijadikan nara sumber penelitian dan diwawancarai oleh peneliti adalah: (1)
15 mahasiswa asing yang kuliah di UNS tahun angkatan 2017/2018. (2) Dosen pengampu mahasiswa asing yang kuliah di UNS. (3) Mahasiswa lokal di UNS tahun angkatan 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Hambatan adaptasi komunikasi budaya mahasiswa asing untuk mencapai keberhasilan pembelajaran di UNS: (a) Bahasa, mahasiswa asing yang kuliah di UNS mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan, karena dosen atau mahasiswa lebih sering menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa dan (b)  hambatan persepsi mahasiswa asing dalam pelaksanaan dan sistem penilaian hasil kuliah. (2) mengatasi hambatan dengan strategi komunikasi antar budaya mahasiswa asing mencapai keberhasilan pembelajaran di UNS: (a) Strategi  ICT, tahap  cultural adaptation  difokuskan dalam pembelajaran melibatkan dosen, mahasiswa asing, dan mahasiswa lokal. Tahap  cross-cultural  adaptation,  mahasiswa  asing  melakukan  adaptasi komunikasi face to face dengan dosen dan teman dengan menggunakan bahasa Indonesia  dan  bahasa  Inggris.  (b)  Akomodasi  Komunikasi,  mahasiswa  asing untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan di kampus melakukan akomodasi komunikasi dengan mahasiswa lokal bersifat pasif dan aktif.

Kata  Kunci:  Strategi  adaptasi,  komunikasi  antarbudaya,  Keberhasilan Pembelajaran

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003121441231000.jpg
1. Halaman Depan dll.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
bab 3_1.pdf
bab 4_1.pdf
5. Dapus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ignatius Agung Satyawan, SE., S.Ikom., M.Si, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP