Penulis Utama : Muhammad Faisal Alghori
NIM / NIP : R0215069
×

Abstrak

Latar Belakang : Kecelakaan kerja menjadi salah satu perhatian dunia kerja belakangan ini. Berdasarkan data International Labour Organization (ILO) tahun 2013 disebutkan bahwa setiap 15 detik ditemukan kasus kematian 1 pekerja karena kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja dan setiap 15 detik terdapat 151 pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Menurut data BPJS ketenagakerjaan, jumlah kecelakaan kerja mengalami peningkatan tiap tahunnya. Menurut penelitian Teja dkk (2017) mengungkapkan bahwa 95% kecelakaan kerja yang terjadi dikarenakan perilaku tidak aman dari pekerja. Munculnya perilaku tidak aman dipengaruhi oleh faktor predisposisi, faktor pemungkin, dan faktor penguat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pelatihan, dan pemahaman peraturan K3 terhadap kesadaran perilaku aman.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Responden diambil dari tenaga kerja bagian produksi di PT.Waskita Beton Precast Plant Klaten sebanyak 54 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner pada masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil : Hasil uji bivariat menunjukan terdapat pengaruh pengetahuan dan pemahaman peraturan K3 terhadap kesadaran perilaku aman dengan p value masing-masing adalah 0.00008 dan 0.00001, sedangkan pelatihan K3 tidak berpengaruh karena mempunyai p value > 0.05. Uji regresi linear berganda menunjukan terdapat pengaruh bersama/simultan dari pengetahuan, pelatihan, dan pemahaman peraturan K3 terhadap kesadaran perilaku aman (p value : 0.00008) dan diketahui pemahaman peraturan K3 mempunyai pengaruh paling besar terhadap kesadaran perilaku aman pekerja (p value : 0.016 dan b : 0.157).  
Simpulan : Terdapat pengaruh pengetahuan, pelatihan, dan pemahaman peraturan K3 secara simultan terhadap kesadaran perilaku aman pekerja.

Kata Kunci : Kesadaran Perilaku Aman, Pengetahuan K3, Pelatihan K3, Pemahaman Peraturan K3

×
Penulis Utama : Muhammad Faisal Alghori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215069
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pengetahuan, Pelatihan, dan Pemahaman Peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kesadaran Perilaku Aman Pekerja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215048-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widyaningsih, dr., MS, Ph.D.
2. Heni Hastuti, dr., M.PH.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.