Penulis Utama : Adik Endira Nariswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh penerapan undang-undang no.34 tahun 2000 terhadap penerimaan pajak dan retribusi daerah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301003-2005
Subyek : RETRIBUSI DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Undang-Undang No. 34 Tahun 2000 terhadap penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah.

Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatory (penjelasan), karena penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang hubungan antara variabel-variabel penelitian dengan hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya. Alat analisis yang digunakan adalah uji statistik non parametrik Uji Jumlah-Jenjang Wilcoxon (Wilcoxon’s Rank Sum Test).

Hasil penelitian tentang dampak penerapan Undang-Undang No. 34 Tahun 2000 terhadap penerimaan pajak dan retribusi daerah adalah sebagai berikut : Hipotesis yang diajukan ditolak yang berarti penerapan UU Nomor 34 Tahun 2000 tidak berpengaruh terhadap sektor pajak daerah maupun retribusi daerah . Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan R hitung untuk pos pajak daerah maupun retribusi daerah lebih besar atau sama dengan R tabel yang berarti tidak adanya perbedaan nyata atau R hitung > R tabel = 10. Penelitian ini mencoba memberikan bukti empiris pengaruh penerapan Undang UU Nomor 34 Tahun 2000 terhadap penerimaan pajak daerah maupun retribusi daerah dan mencoba memancing penelitian yang menyangkut anggaran publik khususnya tentang pajak dan retribusi daerah.

Saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan tidak adanya pengaruh penerapan UU Nomor 34 Tahun 2000 terhadap penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah adalah : Pemerintah Daerah masing-masing Kabupaten dapat menggali pajak daerah dan retribusi daerah secara maksimal tanpa melibatkan intervensi UU Nomor 34 Tahun 2000 secara mendalam, bersama dengan DPRD meningkatkan kinerjanya dalam mengoptimalkan pos yang potensial dan belum dikembangkan supaya dapat dikelola dengan baik. Bagi penelitian selanjutnya dianjurkan menggunakan data yang lebih dari lima tahun anggaran dengan sampel yang lebih banyak serta dianjurkan menggunakan alat uji yang berbeda.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yacob Suparno, M.Si., Akt.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis