Penulis Utama : Rahcmadani
NIM / NIP : K2513054
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pendingin terhadap struktur mikro dan nilai kekerasan pada paduan baja S45C sebelum (raw material) dan sesudah pengelasan menggunakan metode las Gas Metal Arc Welding (GMAW).
        Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Alat yang digunakan untuk uji struktur mikro adalah Olympus Metallurgycal Microscope dan uji kekerasan menggunakan Vickers Hardness Tester.
        Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil struktur mikro menunjukan peningkatan struktur perlit setelah pengelasan. Pada raw material, struktur ferit terlihat merata akan tetapi pada hasil pengelasan GMAW yang telah melakukan pendinginan dengan mengguakan media pendingin air, udara, dan oli menunjukan bahwa ferit berkurang pada masing-masing spesimen, sehingga struktur perlit sangat mendominasi. Nilai kekerasan dan struktur mikro pada hasil pengelasan dengan menggunakan media pendingin air, oli dan udara menunjukan perbedaan tingkat kekerasan dan struktur mikronya. Spesimen dengan media pendingin air di posisi titik uji Heat Affected Zone (HAZ) mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi yaitu 315.4 VHN jika dibandingkan dengan spesimen yang menggunakan media pendingin oli sebesar 268.7 VHN dan media pendingin  udara sebesar 177.4 VHN. Spesimen dengan media pendingin Air struktur mikronya di bagian Heat Affected Zone (HAZ) terlihat lebih banyak perlit yang merata di bandingkan dengan spesimen yang menggunakan media pendingin lain, atau bisa disimpulkan semakin menjauh dari daerah Las dan HAZ maka kandungan perlit semakin mengecil. Penelitian ini menunjukan bahwa pengelasan menggunakan variasi media pendingin merubah struktur mikro dan berpengaruh kepada nilai kekerasan pada paduan baja S45C.

Kata Kunci : Pengelasan Gas Metal Arc Welding (GMAW), paduan Baja S45C, struktur mikro, kekerasan

×
Penulis Utama : Rahcmadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513054
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh media pendingin pada pengelasan baja s45c menggunakan metode pengelasan gas metal arc welding terhadap kekerasan dan struktur mikro
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513054-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T
2. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.