Penulis Utama : Maora Rianti Masya
NIM / NIP : D0414033
×

ABSTRAK

Bantuan internasional dari USAID kepada Indonesia sudah diadakan sejak tahun 1950 untuk membantu pembangunan nasional hingga hari ini, termasuk membantu Indonesia mencapai target-target dari Sustainable Development Goals yang disepakati pada tahun 2015 lalu. Salah satu program bantuan yaitu USAID IUWASH PLUS untuk mengatasi permasalahan air dan sanitasi diadakan di Kota Surakarta dengan bekerja sama dengan Bapppeda Surakarta.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian kualitatif, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Analisis data melewati proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Penelitian ini membahas tentang program bantuan USAID IUWASH PLUS serta dampak yang diberikan pada saat pelaksanaannya, yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk membantu mengatasi permasalahan air dan sanitasi. Kerangka konseptual yang digunakan di dalam penelitian ini adalah paradigma neoliberalisme institusional, konsep aid diplomacy dan in-awareness approach.
Penelitian ini menghasilkan bahwa melalui paradigma neoliberalisme institusional USAID dapat melaksanakan program USAID IUWASH PLUS di Kota Surakarta dengan adanya kerangka perjanjian kerjasama. Berikutnya dengan konsep aid diplomacy menunjukkan bahwa pengaruh Amerika Serikat sebagai negara adidaya di Indonesia masih diupayakan dengan cara memberikan bantuan internasional melalui USAID.   Sedangkan   melalui   in-awareness   approach,   menambahkan adanya unsur-unsur yang diperhatikan ketika bantuan internasional diberikan sebagai alat diplomasi antara lain: communication expression, perception, cognition, values, identity dan power. USAID IUWASH PLUS memberikan manfaat yang cukup signifikan dan menunjukkan hubungan antara USAID dan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah berjalan dengan baik.

Kata Kunci : USAID IUWASH PLUS, Kota Surakarta, bantuan internasional, Bapppeda Surakarta, air dan sanitasi.

 

×
Penulis Utama : Maora Rianti Masya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414033
Tahun : 2019
Judul : Analisis bantuan USAID kepada Pemerintah Kota Surakarta melalui program Indonesia Urban Water And Sanitation Hygiene penyehatan lingkungan untuk semua (IUWASH PLUS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0414033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lukman Fahmi Djarwono S.IP, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.