Penulis Utama : Silvia Handika Anggraeni
NIM / NIP : G0015213
×

Pendahuluan : Diet tinggi lemak tinggi fruktosa berkaitan dengan inflamasi kronis akibat peningkatan radikal bebas yang berdampak meningkatkan ekspresi IL-6 pada jaringan hepar. Ekspresi IL-6 yang tinggi merupakan indikator prognostik risiko sindrom metabolik dan gangguan kardiovaskular. Biji kelor mengandung senyawa metabolit sekunder yang kaya antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak etanolik biji kelor terhadap ekspresi IL-6 pada jaringan hepar tikus putih (Rattus norvegicus) model diet tinggi lemak tinggi fruktosa.

Metode : Penelitian eksperimental laboratorik dengan metode posttest only with control group design. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM  dan di Laboratorium Patologi Anatomi FK UNS. Sampel penelitian adalah 28 ekor tikus putih Wistar jantan yang dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu KI diberi pakan standar, KII diberi pakan tinggi lemak tinggi fruktosa tanpa ekstrak biji kelor, KIII diberi pakan tinggi lemak tinggi fruktosa dan ekstrak biji kelor dosis 1 (150 mg/kgBB), KIV diberi pakan tinggi lemak tinggi fruktosa dan ekstrak biji kelor dosis 2 (200 mg/kgBB). Variabel terikat dari penelitian ini adalah ekspresi IL-6 pada jaringan hepar sedangkan variabel bebas adalah ekstrak etanolik biji kelor. Ekspresi IL-6 diukur dengan intensity distribution score. Ekspresi IL-6 pada jaringan hepar dianalisis menggunakan uji Kruskall Wallis dan posthoc Mann-Whitney.

Hasil : Hasil uji Kruskall Wallis menunjukkan ekspresi IL-6 yang berbeda bermakna antar kelompok (p < 0>

Kesimpulan : Pemberian ekstrak etanolik biji kelor dengan dosis 150 mg/kgBb dan 200 mg/kgBb berpotensi menurunkan ekspresi IL-6 pada jaringan hepar tikus putih (Rattus norvegicus) model diet tinggi lemak tinggi fruktosa secara bermakna.

Kata Kunci : Ekstrak Biji Kelor (Moringa oleifera, Lam.), ekspresi IL-6 pada jaringan hepar, diet tinggi lemak, diet tinggi fruktosa

×
Penulis Utama : Silvia Handika Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015213
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh ekstrak biji kelor (moringa oleifera, lam.) terhadap ekspresi interleukin-6 pada jaringan hepar tikus wistar (rattus norvegicus) model diet tinggi lemak tinggi fruktosa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0015213-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Novan Adi Setyawan, dr, Sp.PA
2. Slamet Riyadi, dr, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.