Penulis Utama : Yuliana Sari
NIM / NIP : S841702016
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) Tokoh dan
perwatakan tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari,
2) Kepribadian tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari berdasarkan teori Sigmund Freud, 3) Kepribadian tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari berdasarkan teori Abraham Maslow, 4) Nilai pendidikan karakter kerja keras yang terdapat pada novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari, dan 5) Relevansi nilai pendidikan karakter kerja keras pada novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari dengan pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari sebagai sumber data dan teks dalam novel tersebut sebagai data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan pustaka. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysist (analisis isi). Teknik tersebut digunakan untuk mengidentifikasi aspek psikologis dan nilai pendidikan karakter kerja keras pada tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Untuk memvalidasi data, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek psikologis dan karakter kerja keras pada tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Aspek psikologis tersebut menggambarkan kepribadian tokoh utama. Aspek psikologis yang dimaksud berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud di antaranya aspek id, ego, dan superego, serta berdasarkan teori humanistik Abraham Maslow yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi  diri.  Nilai  pendidikan  karakter kerja  keras  yang  terkandung  dalam novel tersebut dikategorikan menjadi tiga yaitu berani dan yakin, bersungguh- sungguh, dan pantang menyerah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, nilai pendidikan kerja keras dalam novel tersebut relevan dengan pembelajaran sastra di SMA. Oleh sebab itu, novel Mata di Tanah Melus karya Okky  Madasari  dapat  digunakan  sebagai  bahan  pembelajaran  sastra  di  SMA sesuai dengan KD 3.1 dan 4.1 di kelas XII.

 

Kata kunci: kepribadian tokoh, karakter, kerja keras, relevansi, Mata di Tanah Melus

×
Penulis Utama : Yuliana Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841702016
Tahun : 2019
Judul : Kepribadian tokoh dan nilai pendidikan karakter kerja keras dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA (kajian psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841702016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.