Penulis Utama : Rahayu
NIM / NIP : F0315073
×

ABSTRAK

Perkembangan sustainability report disclosure dewasa ini menjadi trend di kalangan perusahaan besar, tidak terkecuali pada perusahaan jasa keuangan. Sustainability report merupakan salah satu bentuk implementasi dari program sustainable finance yang diterapkan untuk perusahaan jasa keuangan. Pelaporan keuangan berkelanjutan merupakan bentuk keterbukaan perusahaan jasa keuangan kepada publik. Keterbukaan merupakan salah satu prinsip dalam Good Corporate Governance (GCG).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance terhadap sustainable finance disclosure. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sustainable finance disclosure. Faktor tersebut yaitu mekanisme corporate governance yang diproksikan dalam dewan direksi, komisaris independen, komite audit, latar belakang pendidikan komisaris utama, dan rapat dewan komisaris. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu sebanyak 128 data perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dewan direksi, komite audit, dan rapat dewan komisaris berpengaruh signifikan positif terhadap sustainable finance disclosure. Variabel komisaris independen dan latar belakang pendidikan komisaris utama tidak berpengaruh terhadap sustainable finance disclosure.


Kata Kunci : Mekanisme Corporate Governance, Sustainable Finance Disclosure,  Perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017.

 

×
Penulis Utama : Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0315073
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh mekanisme corporate governance terhadap sustainable finance disclosure pada perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Akuntansi-F0315073-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djuminah, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.