Penulis Utama : Rizal Ariyono Febriansyah
NIM / NIP : D1416043
×

ABSTRAK

Semakin berkembangnya teknologi terutama televisi, semakin menuntun para pekerja media bekerja keras untuk membuat program tayangan yang layak dan berkualitas baik dan itu adalah poin penting untuk menentukan tinggi rendahnya minat  penonton.  Tidak  hanya  menyesuaikan  kebutuhan  masyarakat,  para  pekerja harus membuat program yang terdapat hal informatif, berpendidikan, manfaat, dan juga hiburan. Jika berbicara dengan proses produksi program berita seorang editor tak hanya menjadi eksekutor akhir sebuah berita tetapi juga punya peran penting dalam kesuksesan tayangan. Ketertarikan penulis dari awal menjadi editor, membuat penulis menjadi  semakin  semangat  untuk  lebih  mengenal  seorang  editor  terutama  editor berita banyak hal baru yang penulis dapat dari Kuliah Kerja Media ini. Rajawali Televisi merupakan salah satu televisi masih muda dikancah pertelevisian Indonesia tetapi program berita yang ditayang mempunyai karakteristik tersendiri, dan kualitas tayangan menjadi nomer satu dalam sistem operasional Rajawali Televisi.
Kesebaran, ketelitian, dan kecepatan adalah kunci utama menjadi editor khusus berita terutama di RTV, sebab tanpa hal tersebut kualitas program berita di RTV takkan pernah berhasil. Editing online merupakan proses editing cepat dan ringkas dalam pengerjaannya, teknik seperti cutting gambar, transisi, pengaturan atmosfer suara   alami,   sangatlah   penting   bagi   ketertarikan   berita   pada   penonton   dan memberikan dramatisasi.
Selama kurang lebih dua bulan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media di salah satu televisi swasta nasional di Jakarta yaitu RTV, penulis sangalah beruntung dapat  mencoba berbagai  jobdesk  dari  menjadi  campers  liputan,  editor,  riset,  dan studio. Suasana karyawan yan sangat akrab membuar penulis mendapatkan ilmu baru dan banyak, terutama mengenai jobdesk editor online berita. Kini penulis tahu bahwa editor berita sagatlah berbeda dari editor biasanya, mulai tanggung jawabnya hingga ketelitiannya mengerjakan tugas. Selain dari Rajawali Televisi penulis juga mendapat pelajaran dari DIII Komunikasi Terapan yang menghimbau mahasiswanya untuk mencari instansi untuk menjalankan magang dengan mandiri.


Kata Kunci : (edit, editing, editing online, berita, Rajawali Televisi)

 

×
Penulis Utama : Rizal Ariyono Febriansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416043
Tahun : 2019
Judul : Peran editor dalam proses editing online pada program Lensa Indonesia Sore
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Penyiaran-D1416043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto, S.Sn, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.