Penulis Utama : Afifah Nur ‘aini
NIM / NIP : K3315002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Blended Learning didukung e-Learning (edmodo) terhadap prestasi belajar peserta didik dan kesesuaian model blended learning dengan materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Banyudono Tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Researh). Data dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, kelas eksperimen (kelas XI MIPA 1) dan kelas kontrol (Kelas XI MIPA 2). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model blended learning didukung e-learning (edmodo). Sedangkan kelas kontrol menggunakan metode yang biasa guru gunakan yaitu ceramah dan diskusi. Teknik pengumpulan data adalah dengan test dan nontest, pretest-posttest, angket, observasi, dan dokumentasi.   
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran blended learning didukung e-learning (edmodo) terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan aspek sikap pada materi pokok larutan penyangga. Sedangkan aspek ketrampilan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning didukung e-learning (edmodo). Kesimpulan penelitian yang didapat adalah pembelajaran kimia dengan menggunakan model blended learning didukung e-learning memberikan pengaruh prestasi belajar pada kelas eksperimen. Hal itu dapat dilihat harga signifikansi pada hasil uji Independent sample t-test (aspek ketrampilan dan sikap) dan uji krusikal wallis (aspek pengetahuan). Signifikansi aspek pengetahuan adalah 0,000<0>0,05. Keseuaian model pembelajaran dengan materi memberikan hasil bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal itu dapat dilihat dari rataan prestasi aspek pengetahuan kelas eksperimen (77,03) lebih tinggi daripada kelas kontrol (70). Untuk prestasi aspek sikap kelas eksperimen (3,92) tidak jauh berbeda dengan kelas kontrol (3,89). Begitu dengan prestasi aspek ketrampilan kelas eksperimen (2,98) dan kelas (2,94).
Kata kunci : Model pembelajaran, Blended Learning, Pengaruh, Prestasi belajar,  

 

×
Penulis Utama : Afifah Nur ‘aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315002
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh model pembelajaran blended learning didukung e-learning (edmodo) terhadap prestasi belajar peserta didik materi pokok larutan penyangga SMA negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Kimia-K3315002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Hastuti, S.Pd., M.Si.,
2. Budi Utami, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.