Penulis Utama : Erfina Maryati Sihombing
NIM / NIP : K3315019
×

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan kemampuan kerja sama pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel yang terpilih adalah siswa X 5 SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan berbantuan media pembelajaran lembar kerja siswa (LKS). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kelas. Analisis data pengetahuan menggunakan ITEMAN dengan taraf signifikan 0,70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan antara prestasi belajar siswa pada siklus I dan II. Persentase prestasi belajar siklus I diperoleh sebesar 56,56% dan meningkat menjadi 80,56% pada siklus II ; (2) ada perbedaan kemampuan kerja sama siswa pada siklus I dan II. Persentase kemampuan kerja sama siklus I diperoleh sebesar 58,33% dan meningkat menjadi 72,22% pada siklus II ; (3) adanya peningkatan dari beberapa aspek, seperti aspek sikap pada siklus I diperoleh sebesar 72,22% meningkat menjadi 86,11% pada siklus II dan aspek keterampilan presentasi siswa pada siklus I diperoleh sebesar 36,11% meningkat menjadi 77,78% pada siklus II.
Kata kunci : group investigation, kerja sama, sikap, keterampilan presentasi, LKS

 

×
Penulis Utama : Erfina Maryati Sihombing
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315019
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Kimia-K3315019-2019
Kata Kunci : group investigation, kerja sama, sikap, keterampilan presentasi, LKS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti Vh, S.Si., M.Si.,
2. Prof. Dr. Ashadi,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Tidak Tersedia
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.