Penulis Utama : Icha Dwi Pangestika
NIM / NIP : K3315027
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering And Mathematics (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam basa dan (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering And Mathematics (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam dan basa.
Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta, sedangkan sampel yang terpilih menggunakan teknik cluster random sampling adalah kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL), sedangkan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen melaksanakan model PjBL-STEM. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Data diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest uraian materi asam. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan uji N-Gain ternormalisasi. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dilakukan dengan uji-t pihak kanan pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa (thitung = 4,64 > ttabel = 1,67). Hasil uji N-Gain ternormalisasi menyimpulkan peningkatan kemampuan berpikir kratif siswa pada kelas PjBL-STEM masuk kategori tinggi (g = 0,70) sedangkan peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa pada kelas PjBL termasuk kategori sedang (g = 0,53). Model pembelajaran PjBLSTEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan karena beberapa hal : (1) model PjBL-STEM mendorong siswa agar pandai mencipta dan merancang (inventif), (2) aktiviitas dan produktivitas pada pembelajaran tinggi, (3) menekankan pada aplikasi dari pengetahuan sains dan pemecahan masalah serta (4) PjBL-STEM memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk berekspolasi dan berkolaborasi.
Kata Kunci : PjBL-STEM, berpikir kreatif, asam basa

 

×
Penulis Utama : Icha Dwi Pangestika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315027
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh penggunaan model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering & Mathematics (PJBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIPA SMA negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam basa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Kimia-K3315027-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.,
2. Lina Mahardiani, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.