Penulis Utama : Dimas Gilang Ramadhani
NIM / NIP : S091702002
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar  kimia lingkungan daring  dalam desain pembelajaran blended, 2) mengetahui kelayakan  bahan ajar daring kimia lingkungan  dalam desain pembelajaran blended, dan 3) mengetahui efektivitas bahan ajar daring  kimia lingkungan  dalam desain pembelajaran blended.
Pengembangan bahan ajar  kimia lingkungan daring  dalam desain pembelajaran blended dengan desain based research terdiri dari 4 tahap utama yaitu: 1) identifikasi masalah, 2) desain produk, 3) siklus berulang, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada 59 mahasiswa pendidikan  kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Perhitungan Validasi dan reliabilitas Bahan ajar menggunakan rasch model dengan 8 orang validator ahli.
Hasil penelitian ini adalah 1) selama ini bahan ajar pada perkuliahan daring belum terstuktur karena hasil  unduhan dari internet dan proses pembelajaran daring hanya sebatas unggah tugas saja dan desain pembelajaran yang disusun  belum sesuai dengan kuadran pembelajaran blended, 2) kelayakan produk dikategorikan sangat layak digunakan dengan angka reliabilitas sebesar 92?pat dikategorikan reliabilitasnya tinggi, validitas ditunjukan oleh  expected agreement sebesar 67,7% atau memiliki validitas yang bagus, 3) berdasarkan uji efektivitas menunjukan bahwa bahan ajar  kimia lingkungan daring yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan dengan bahan ajar yang digunakan pada perkuliahan kimia lingkungan saat ini.

Kata Kunci : bahan ajar, kimia lingkungan, blended learning, design based research

×
Penulis Utama : Dimas Gilang Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S091702002
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Kimia Lingkungan Daring dalam Desain Pembelajaran Blended
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kimia-S091702002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.paed. Nurma Yunita I. M.Sc.,M.Si.
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.