Penulis Utama : Ridho Hasan Umar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315078
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh tata kelola perusahaan terhadap manajemen laba: perbandingan Indonesia dan Malaysia (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada bursa efek Indonesia dan Malaysia tahun 2012-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F1315078-2017
Subyek : TATA KELOLA PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata kelola perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur dan membandingkan manajemen laba di Indonesia dan Malaysia. Tata kelola perusahaan diukur dengan ukuran komisaris, ukuran direksi, jumlah komite audit, dan ukuran perusahaan. 
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing adalah  200 data tahun perusahaan manufaktur di Indonesia dan Malaysia  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE) periode 2012-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling method. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji beda T independen.
Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa di Indonesia, ukuran komisaris dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran direksi, jumlah komite audit, dan kualitas audit tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa di Malaysia ukuran komisaris, kualitas audit, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran direksi, dan jumlah komite audit tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji beda T independen disimpulkan bahwa rata-rata manajemen laba di Malaysia lebih kecil dibandingkan manajemen laba di Indonesia.

Kata kunci: tata kelola perusahaan, manajemen laba, perbandingan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gantyowati, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis