Penulis Utama : Rizka Innayatun Mubarokah
NIM / NIP : S021802058
×

Abstrak

Latar belakang: Kecemasan yang dirasakan oleh wanita menjelang persalinan dengan seksio sesarea dapat menimbulkan masalah psikologis dikemudian hari, peningkatan rasa  nyeri pasca operasi, meningkatkan kebutuhanan analgetik, dan memperlama perawatan di rumah sakit. Hipnoterapi memiliki efek samping yang minimal dan mudah dilakukan dalam menurunkan kecemasan. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan hipnoterapi untuk menurunkan kecemasan pada wanita menjelang seksio sesarea.
Subjek dan Metode: Penelitian eksperimen menggunakan randomized controlled trial. Dilaksanakan di RSUD Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, Jawa Tengah. Jumlah subjek penelitian dari Juli – Agustus 2019 sebanyak 60 ibu bersalin, dengan 30 sampel kelompok perlakuan mendapatkan intervensi hipnoterapi dan 30 sampel kelompok kontrol mendapatkan perawatan standar. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hipnoterapi dan variabel independen adalah kecemasan wanita menjelang seksio sesarea. Kecemasan diuji menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety. Hipnoterapi dilakukan dengan menggunakan rekaman/ audio hipnosis. Analisis data menggunakan uji independen , dengan SPSS 25.
Hasil: Rata-rata kecemasan setelah dilakukan hipnoterapi (mean= 14.17; SD= 4.36) lebih rendah dari kecemasan dengan perawatan standar (mean= 19.93; SD= 6.02), effect size= -1.09, dan secara statistik signifikan (p< 0>Kesimpulan: Hipnoterapi efektif dalam menurunkan kecemasan pada wanita menjelang seksio sesarea.

Kata Kunci : kecemasan, hipnoterapi, seksio sesarea

×
Penulis Utama : Rizka Innayatun Mubarokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021802058
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Hipnoterapi untuk Menurunkan Kecemasan pada Pasien Pra Seksiosesarea
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021802058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanung Prasetya, SPsi, SKp, MSi.
2. Dr. Supriyadi Hari Respati, dr, SpOG (K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.