Penulis Utama : Wahyu Eko Saputro
NIM / NIP : K7113220
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan analisis konsep energi panas dan bunyi siswa kelas IV SD. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 65,78 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 35,72%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,51 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar  53,57%. Selanjutnya pada siklus II,  nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 70,96 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan analisis konsep energi panas dan bunyi siswa kelas IV SD Tahun Ajaran 2016/2017.

Katakunci: Model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis eksperimen, Kemampuan analisis, Konsep energi panas dan bunyi

×
Penulis Utama : Wahyu Eko Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113220
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan analisis konsep energi panas dan bunti (penelitian tindakan kelas pada kelas IV SDN di Surakarta tahun pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113220-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd
2. Dr. Peduk Rintayati, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.