Penulis Utama : Muhammad Suryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315136
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Faktor Karakteristik Entitas, Politik dan Lingkungan Terhadap Transparansi Keuangan pada Website Pemerintah Daerah di Indonesia
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Prog. AKUNTANSI- F1315136-2018
Subyek : PEMERINTAH DAERAH, TRANSPARANSI KEUANGAN, FAKTOR KARAKTERISTIK ENTITAS, FAKTOR POLITIK, FAKTOR LINGKUNGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

SKRIPSI

Penelitian ini membahas mengenai faktor yang mempengaruhi transparansi keuangan pada website pemerintah daerah di Indonesia yang dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi pemda untuk melakukan transparansi keuangan pada website resmi pemda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh faktor karakteristik entitas yang diwakili oleh ukuran pemda dan pajak per kapira, faktor politik yang diwakili oleh kekuatan politik daerah dan e-government, serta faktor lingkungan yang diwakili oleh internet visibility dan pendapatan per kapita terhadap transparansi keuangan pada website pemerintah daerah. 
Dengan menggunakan tiga dimensi transparansi keuangan yang disusun dari kombinasi dari indikator transparansi keuangan (LSM International Transparency) dan peraturan setempat (Instruksi Mendagri), penelitian ini berusaha untuk menilai transparansi keuangan pada website pemda secara lebih komprehensif. Observasi dilakukan pada akhir Agustus 2017 sampai dengan September 2017. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk mengevaluasi model. 
Dengan menggunakan 411 sampel dari 514 pemerintah daerah pada tahun 2015, data menunjukkan bahwa level transparansi keuangan pada website pemda masih sangat rendah. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemda, e-government, dan internet visibility berpengaruh positif terhadap transparansi keuangan pada website pemerintah daerah, sedangkan untuk pajak per kapita, kekuatan politik daerah, dan pendapatan per kapita tidak ditemukan pengaruh terhadap transparansi keuangan. 


Kata kunci: pemerintah daerah, transparansi keuangan, faktor karakteristik entitas, faktor politik, faktor lingkungan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB _1.pdf
BAB _2.pdf
BAB _3.pdf
BAB _4.pdf
BAB _5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Sutaryo, S.E., M.Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis