Penulis Utama : Andita Alfiani
NIM / NIP : K3113004
×

ABSTRAK


Andita Alfiani. K3113004. PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN STUDI LANJUT MELALUI TEKNIK SCALING BAGI PESERTA DIDIK SMA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-1 panduan layanan bimbingan untuk meningkatkan keterampilan merencanakan studi lanjut melalui teknik scaling bagi peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pra pengembangan yaitu pembuatan draf produk. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik SMA se-Karesidenan Surakarta. Data yang diperoleh dari studi pendahuluan berupa data kebutuhan dan kepentingan layanan BK pada peserta didik SMA menurut peserta didik, orangtua dan guru BK.

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh beberapa data. Pertama, tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan BK bagi peserta didik SMA menunjukkan bahwa di bidang karir tentang pengembangan keterampilan merencanakan studi lanjut memiliki persentase 59,31% sangat dibutuhkan dan 67,16% sangat penting. Kedua, berdasarkan hasil kajian teoritik mengenai keterampilan merencanakan studi lanjut diperoleh: pengertian keterampilan merencanakan studi lanjut, tujuan keterampilan merencanakan studi lanjut, faktor-faktor yang membantu meningkatkan keterampilan merencanakan studi  lanjut dan cara  meningkatkan keterampilan   merencanakan   studi   lanjut.   Berdasarkan   hasil   kajian   teoritik mengenai teknik scaling diperoleh: pengertian teknik scaling, tujuan teknik scaling, manfaat teknik scaling, dan implementasi teknik scaling. Ketiga, berdasarkan hasil  studi pendahuluan dan  kajian teoritik, maka dapat dikembangkan produk berupa panduan layanan bimbingan untuk meningkatkan keterampilan merencanakan studi lanjut melalui teknik scaling bagi peserta didik SMA. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini ada 3 yaitu, pegangan guru, lembar kerja peserta didik (LKPD) dan lembar jawab peserta didik (LJPD).

Kata kunci: keterampilan merencanakan studi lanjut, teknik scaling, peserta didik SMA
 

×
Penulis Utama : Andita Alfiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113004
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Studi Lanjut Melalui Teknik Scaling Bagi Peserta Didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling - K3113004 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
2. Rian Rokhmad H, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.