Penulis Utama : Anisa Putri Rahardiani
NIM / NIP : K1513013
×

ABSTRAK

Anisa Putri Rahardiani. ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK DI BENGKEL TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI   5   SURAKARTA.   Skripsi,   Surakarta:   Fakultas   Keguruan   dan   Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2017.

Tujuan penelitian ini adalah  (1). Untuk mengetahui kesesuaian kondisi sarana dan prasarana di bengkel praktik Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta dengan standar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008. (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan sarana Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta dengan standar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008. (3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan prasarana Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta dengan standar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008.

Penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian yaitu   Sarana  dan Prasarana praktik  bengkel Teknik Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta yang meliputi   perabot, peralatan praktik, media pembelajaran, dan perlengkapan lain. Instrumen penelitian menggunakan checklist  yang digunakan pada saat observasi dan pedoman untuk wawancara. Data sarana dan prasarana  yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar dalam PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dan instrumen verifikasi dari BSNP No. 1049-P2-10/11 Tahun 2010/2011 mengenai instrumen verifikasi SMK/MAK tentang penyelenggaraan ujian praktik kejuruan.

Hasil  penelitian  ini  menujukan  bahwa:  (1).  Kondisi  rata-rata  sarana  dan prasarana bengkel Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta adalah memenuhi syarat yang tercantum pada Permendiknas No. 40 Tahun 2008. (2). Tingkat kelayakan rata-rata sarana pada bengkel Teknik Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta sebesar 83% sehingga dikategorikan dalam kondisi sangat  layak. (3). Tingkat kelayakan rata-rata prasarana pada bengkel Teknik Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta sebesar 97% sehingga dikategorikan dalam kondisi sangat layak.

Kata kunci: Kelayakan, Sarana, Prasarana
 

 

×
Penulis Utama : Anisa Putri Rahardiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1513013
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik di Bengkel Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan -K1513013 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.