Penulis Utama : Aprilia Nur Kurniawati
NIM / NIP : K6413005
×

ABSTRAK

Aprilia Nur Kurniawati. K6413005. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban atas masalah, “Adakah pengaruh motivasi terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Islam 1 Surakarta”.
Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi (korelasional) atau penelitian hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X dari semua jurusan di SMA Al Islam 1 Surakarta dengan jumlah 341 siswa. Sampel sejumlah 172 siswa dari seluruh kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan proporsional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket tertutup untuk data motivasi maupun data kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi menggunakan uji independen dan linearitas, kemudian dilanjutkan dengan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: “Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Islam 1 Surakarta”. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan koefisien korelasi variabel motivasi terhadap variabel kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Islam 1 Surakarta dengan nilai rhitung > rtabel atau 0,61 > 0,147 dengan taraf signifikan 5%. Artinya bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima atau motivasi memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah.
Hasil uji keberartian koefisien yang didasarkan pada perolehan perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi dengan thitung > ttabel atau 12,67 > 1,645 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi terhadap kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah memiliki korelasi yang berarti. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak,  Adapun besaran sumbangan yang diperoleh sebesar 37,21%. Artinya 37,21% kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah dipengaruhi oleh motivasi.


Kata kunci : motivasi, kedisiplinan, kepatuhan, tata tertib.

 

×
Penulis Utama : Aprilia Nur Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413005
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Motivasi Terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Islam 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan - K6413005- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si
2. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., KN., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.