Penulis Utama : Gideon Prabowo Adi Karunia
NIM / NIP : D1416022
×

Dalam dunia audiovisual utamanya dalam dunia pertelevisian, hasil produksi suatu   program   menjadi   salah   satu   indikator   suksesnya   suatu   ide   yang direalisasikan menjadi hasil gambar gerak. Namun untuk menghasilkan gambar gerak yang baik tidak hanya membutuhkan ide yang baik saja, tetapi juga memerlukan dukungan dari faktor-faktor lain. Seperti dukungan kamera video, lighting,   hingga   mixing   audio   yang   membuat   suatu   produksi   program menghasilkan karya yang baik dan layak dinikmati oleh masyarakat. Berangkat dari ketertarikan penulis terhadap faktor pendukung dalam sebuah produksi program televisi, dalam memenuhi syarat kelulusan yaitu melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM), penulis memilih salah satu stasiun televisi lokal yang berada dikota Yogyakarta yang sudah memiliki nama baik sebagai televisi lokal yaitu PT. Arah Dunia Televisi atau sering disebut ADi TV.

Technical Director (TD) adalah seorang petugas yang mempersiapkan , mengawasi, dan mengatur seluruh fasilitas teknis yang diperlukan dalam produksi siaran televisi. Terutama menginstalasi penggunaan switcher (vision mixer) yang merupakan unit kontrol dari seluruh kegiatan produksi. TD membawahi satu tim kerja yang terdiri dari cameraman, audioman, dan lightingman.

Dalam pelaksanaan program Kerja Kuliah Media yang penulis laksanakan di PT.ADi TV pada bulan April hingga Mei, penulis mendapatkan tugas sebagai technical support dalam berbagai produksi program yang di buat oleh ADi TV. Selama dua bulan tersebut penulis banyak belajar mengenai keperluan-keperluan produksi dan alat-alat produksi di luar kamera video. Selain itu penulis semakin mengerti tugas seorang technical support dalam suatu produksi program acara.

Setelah melaksanakan kegiatan KKM  selama 2  bulan di ADi TV dan  di tempatkan sebagai technical support, khususnya dalam divisi program. Penulis mendapatkan banyak pengalaman baru. Mulai dari menyediakan kabel audio, menata  kabel,  melakukan  instalasi  audio,  instalasi  lampu,  hingga  melakukan reparsi lampu yang rusak. Bukan hanya pengalaman praktek di lapangan secara langsung, dengan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Media ini penulis mendapatkan gambaran bagaimana bekerja sebagai technical support di program acara yang dibuat oleh ADi TV, dan membuat penulis memiliki bekal jika suatu saat nanti penulis benar-benar bekerja di dalam dunia pertelevisian khususnnya di bidang technical support.

Kata kunci : technical support, instalasi, audiovisual, lighting, dan produksi program

×
Penulis Utama : Gideon Prabowo Adi Karunia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416022
Tahun : 2019
Judul : Peran Technical Support dalam program acara ramadhanku di Jogja (RDJ) di Adi TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi-D1416022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A, S.Sos, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.