Penulis Utama : Dini Afriani Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708015
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan aktivasi otot pada upper limb muscles saat drawing phase dalam memanah antara atlet panahan tingkat intermediate dan tingkat elite (analisis surface electromyography pada atlet panahan di Perpani Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121708015-2019
Subyek : PANAHAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang penelitian ini belum adanya analisis mengenai aktivasi otot pada upper limb muscles pada olahraga panahan terutama pada saat drawing phase agar tidak terjadi kelelahan otot dan cedera otot. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivasi dari 1) otot trapezius, 2) otot deltoid, 3) otot biceps brachii, 4) otot triceps brachii, 5) otot fleksor carpi radialis dan 6) otot ekstensor carpi radialis saat drawing phase dalam memanah antara atlet panahan tingkat intermediate dan tingkat elite di Perpani Solo.
Metode penelitian yang digunakan observasional secara analitik deskriptif dengan rancangan penelitian berupa cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik quota sampling. Jumlah sampel sebanyak 10 orang atlet panahan Perpani Solo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui hasil data surface electromyography records. Perlakuan selama 2 kali pertemuan. Analisis data menggunakan Nonparamateric Test berupa Two Independent Samples Test jenis Mann Whitney U Test.
Hasil penelitian yang didapat adalah 1) Perbedaan aktivasi otot trapezius memiliki nilai Uh = 2 < Ut xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed> Ut = 4 dan p value 0,142 dan 6) Perbedaan aktivasi otot ekstensor carpi radialis memiliki nilai Uh = 9 > Ut = 4 dan p value 0,465.
Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut 1) Ada perbedaan aktivasi otot trapezius saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite, 2) Ada perbedaan aktivasi otot deltoid saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite, 3) Ada perbedaan aktivasi otot biceps brachii saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite, 4) Ada perbedaan aktivasi otot triceps brachii saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite, 5) Tidak ada perbedaan aktivasi otot fleksor carpi radialis saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite, dan 6) Tidak ada perbedaan aktivasi otot ekstensor carpi radialis saat drawing phase dalam memanah pada atlet tingkat intermediate dan tingkat elite di Perpani Solo.

Kata Kunci : Aktivasi Otot, Otot Ekstermitas Atas, Drawing Phase, Olahraga Panahan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003141358011003.jpg
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Furqon Hidayatullah, M.Pd.
2. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana