Penulis Utama : Rozi Nasrulloh Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608045
Tahun : 2019
Judul : Aktivitas olahraga di pondok pesantren (studi kasus di pondok pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121608045-2019
Subyek : PONDOK PESANTREN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional berbasis Islam. Pondok pesantren dikenal tertutup dari dunia luar dan hanya mengajarkan ilmu agama Islam saja. Namun saat ini pondok pesantren telah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek termasuk dalam olahraga. Pondok pesantren yang dulu hanya terkenal dengan bela diri sebagai aspek olahraganya saat ini juga telah mengalami perkembangan mengikuti perkembangan jaman. Perkembangan olahraga dapat diketahui dari beberapa aspek yaitu sumber daya keolahragaan, organisasi olahraga, manajemen olahraga, program-program olahraga yang dijalankan, serta partisipasi masyarakat dalam berolahraga. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana sumberdaya keolahragaan di pondok pesantren Darul Ulum Jombang; (2) Untuk mengetahui bagaimana organisasi olahraga di pondok pesantren Jombang; (3) Mengetahui bagaimana manajemen organisasi olahraga di pondok pesantren Darul Ulum Jombang; (4) Untuk mengetahui program-program olahraga di pondok pesantren Darul Ulum Jombang; (5) Untuk mengetahui bagaimana partisipasi santri terhadap aktivitas olahraga di pondok pesantren Darul ulum Jombang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren Darul Ulum yang beralamat di Desa Rejoso Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian aktivitas olahraga di pondok pesantren (studi kasus di pondok pesantren Darul Ulum Jombang) adalah sebagai berikut: (1) Guru pendidikan jasmani direkrut melalui tes dan harus memnuhi syarat yang ditentukan oleh pihak pondok. selain itu juga ada evaluasi kerja yang dilakukan rutin setiap 3 bulan untuk mengetahui kinerja guru. Materi yang diajarkan menyesuaikan sarana prasarana yang dimiliki sekolah dan memperbanyak permainan. Pelatih olahraga yang ada di Darul Ulum kebanyakan masih guru sekolah yang dianggap memiliki kemampuan dalam cabang olahraga tertentu dan belum bisa maksimal dalam melatih. Sarana prasana olahraga yang ada sudah memenuhi untuk kebutuhan belajar mengajar dan bebas digunakan santri dalam waktu luang; (2) Organisasi olahraga dilaksanakan dibawah naungan bidang Kesra dan dilaksanakan dibawah payung kantor pusat dan pimpinan pondok pesantren; (3) Manajemen olahraga di Darul Ulum dijalankan secara maskimal mengingat jadwal padat yang ada di Darul Ulum; (4) Program-program olahraga yang ada di Darul Ulum dilaksanakan dalam ruang lingkup sekolah dan asrama; (5) Partisipasi santri terhadap aktivitas olahraga di Darul Ulum cukup tinggi yang dibuktikan dengan dapat mudahnya ditemui aktivitas olahraga yang dilakukan para santri di sela-sela waktu luang yang mereka miliki dan meriahnya tiap event olahraga yang dilaksanakan di Darul Ulum

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003141358011004.jpg
cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
daftar pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. dr. Muchsin Doewes, AIFO
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana