Penulis Utama : Novita Wahyu Kusumastuti
NIM / NIP : R0016074
×

Latar Belakang : Aktifitas pekerjaan area confined space di PT. Bina Guna Kimia memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi yaitu selain faktor ruang yang terbatas juga dikarenakan perusahaan memproduksi pestisida yang bersifat  sangat beracun bagi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persyaratan, prosedur, potensi bahaya dan upaya pengendalian pekerjaan di area confined space.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan confined space di PT. Bina Guna Kimia. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan lapangan, wawancara dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh selanjutnya dibahas dan dibandingkan  dengan standar yang berlaku.
Hasil : PT. Bina Guna Kimia telah melakukan identifikasi bahaya pada area confined space, pemenuhan persyaratan regulasi yang terdiri dari persyaratan umum, persyaratan khusus dan persyaratan kesehatan, adanya prosedur untuk memasuki area confined space dan upaya pengendalian yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada pekerja.
Simpulan : PT. Bina Guna Kimia dalam pelaksanaan kerja di area confined space telah sesuai dengan Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja dan sebagian besar telah sesuai dengan Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Ruang Terbatas Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan Kesehatan Kerja. Berdasarkan analisis dan pembahasan ditemukan titik permasalahan yang perlu koreksi dan peninjauan lebih lanjut pada persyaratan kesehatan yang belum sesuai.

Kata Kunci : Confined Space, Keselamatan Kerja

×
Penulis Utama : Novita Wahyu Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016074
Tahun : 2019
Judul : Gambaran sistem pelaksanaan kerja area Confined Space di PT. Bina Guna Kimia Ungaran Semarang Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016074-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes
2. M. Nur Dewi Kartika, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.