Penulis Utama : Rina Ekasari
NIM / NIP : H0813155
×

 ABSTRAK
 
Rina Ekasari. H0813155. 2017. Analisis Profitabilitas Pengusahaan  Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Kabupaten Semarang. Dibimbing oleh Prof. Dr.Ir Suprapti Supardi M.P dan Susi Wuri Ani S.P., M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Tanaman karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki  peluang menjanjikan ke depan. Karet memberikan kontribusi besar sebagai salah satu sumber penghasil devisa negara  Manfaat karet yang besar dan hampir di segala aspek kehidupan manusia membuat konsumsi dan permintaan karet dunia terus meningkat. PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Kabupaten Semarang sebagai salah satu unit penghasil karet memanfaatkan peluang kebutuhan karet yang semakin meningkat dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas karet yang diproduksi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profitabilitas dan sensitivitas bila terjadi peningkatan biaya produksi dan penurunan harga jual produk pada pengusahaan tanaman karet di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas, Kabupaten Semarang. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik studi kasus. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini adalah purposive sampling (disengaja) dengan pertimbanganpertimbangan tertentu. Lokasi penelitian dipilih dengan pertimbangan antara lain yaitu merupakan salah satu kebun PT Perkebunan Nusantara IX yang memiliki produktivitas tinggi dan memiliki hasil produksi yang kontinyu. Lokasi penelitian
dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Kabupaten Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C ratio) dan analisis sensitivitas. 
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengusahaan tanaman karet di PT  Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Kabupaten Semarang adalah menguntungkan. Nilai yang diperoleh yaitu NPV sebesar Rp 22.087.022 /ha, , Internal Rate of Return (IRR) 17,99% dan Net Benefit Cost Ratio (Net B/C Ratio) 1,25. Analisis sensitivitas pengusahaan tanaman karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Kabupaten Semarang menunjukkan pengusahaan tanaman karet masih menguntungkan apabila terjadi penurunan harga jual sampai 10% dan kenaikan biaya produksi sampai dengan 20% serta secara bersamaan apabila terjadi penurunan harga jual dan kenaikan biaya produksi sampai tingkat perubahan 6%. 

×
Penulis Utama : Rina Ekasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813155
Tahun : 2017
Judul : Analisis Profitabilitas Pengusahaan Tanaman Karet (Hevea Brasiliensis) di Pt Perkebunan Nusantara Ix Kebun Getas Kabupaten Semarang
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS PERTANIAN - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-FAKULTAS PERTANIAN Prog. AGRIBISNIS-H 0813155 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi M.P
2. Susi Wuri Ani S.P, M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.