Penulis Utama : Maran Ayu Nilawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114077
Tahun : 2019
Judul : Inovasi pemungutan retribusi pasar oleh Dinas Perdagangan kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D0114077-2019
Subyek : RETRIBUSI PASAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Inovasi  menjadi  solusi  yang  dilakukan  oleh  pemerintah  untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Surakarta adalah Teknologi Aplikasi E-retribusi Pasar (Tape Pasar). Tape Pasar merupakan penarikan retribusi pasar melalui sistem elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi pemungutan retribusi pasar oleh Dinas Perdagangan Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendapat dari Suwarno (2008) tentang faktor- faktor  yang  mempengaruhi  pelaksanaan  inovasi  pelayanan  yang  diantaranya faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal. Melalui pendapat tersebut diketahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  faktor  pendukung  pelaksanaan inovasi diantaranya visi dan misi dinas, tersedianya sarana dan prasarana penunjang inovasi, sumber daya manusia secara kualitas dan kuantitas memadai, adanya proses monitoring, adanya anggaran, adanya teknologi, adanya komitmen dari Wali kota Surakarta, adanya budaya baru dalam membayar retribusi. Kemudian faktor penghambat inovasi diantaranya mesin e-retribusi terkadang mengalami kerusakan, kartu e-retribusi yang rawan hilang, terjadi gangguan koneksi jaringan, terjadi kerusakan pada aplikasi, masih ada pedagang yang menunggak membayar retribusi pasar, dan kesadaran pedagang dalam membayar retribusi pasar masih rendah.

Kata Kunci : Inovasi, pelayanan publik, retribusi

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003151329561004.jpg
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP