Penulis Utama : Tri Ayu Supartini
NIM / NIP : K8114067
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia 5-6 tahun melalui penerapan kegiatan bercerita menggunakan big book sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu anak kelas B TK  MTA 01 Kebakkramat dengan jumlah 18 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dalam pelaksanaanya dilakukan selama dua siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap di setiap pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif sedang teknik analisis data kuantitatif menggunakan model deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan menyimak yaitu presentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 27.7%, siklus I diperoleh hasil sebesar 44.4%, dan siklus II mencapai 77.7%.Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak menjawab pertanyaan sesuai isi cerita, mengurutkan gambar sesuai alur cerita, dan menceritakan kembali cerita. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media big book dapat mengembangkan keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun

Kata kunci: Keterampilan menyimak, kegiatan bercerita, big book, anakusia 5-6 tahun

×
Penulis Utama : Tri Ayu Supartini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114067
Tahun : 2019
Judul : Mengembangkan keterampilan menyimak melalui kegiatan bercerita dengan Big Book (penelitian tindakan kelas anak usia 5-6 tahun TK MTA 01 Kebakkramat, Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8114067-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.