Penulis Utama : Clarissa Fauzany Priastuti
NIM / NIP : B0215016
×

Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa dalam bahasa Indonesia banyak ditemukan bentuk derivasional yang berafiks ke-an. Hal itu menunjukkan bahwa afiks ke-an merupakan afiks yang produktif. Sayangnya, belum ada kajian yang memadai perihal afiks ke-an, khususnya sebagai afiks derivasional. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji afiks ke-an dalam perspektif morfologi derivasional.
Penelitian ini mengkaji masalah afiks derivasional ke-an dalam bahasa Indonesia,   yang   kemudian   dirumuskan   menjadi   (1)   bagaimanakah   proses morfologi dengan afiks derivasional ke-an dalam bahasa Indonesia?; dan (2) bagaimanakah  makna  yang  timbul  dari  proses  pembubuhan  afiks  derivasional ke-an dalam bahasa Indonesia?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses morfologi dengan afiks  derivasional  ke-an  dalam  bahasa  Indonesia?;  dan  (2)  mendeskripsikan makna  yang  timbul  dari  proses  pembubuhan  afiks  derivasional  ke-an  dalam bahasa Indonesia.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif.  Data  pada  penelitian  ialah berupa kalimat yang di dalamnya terdapat kata dengan afiks ke-an karena objek yang diteliti adalah afiks ke-an yang berasal dari sumber data tulis dan lisan. Metode penyediaan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Analisis data dilakukan menggunakan metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL).
Simpulan penelitian ini adalah: (1) Afiks derivasional ke-an berfungsi membentuk nomina dan verba dengan pola ke-an + Adj. ? N, ke-an + V ? N, ke-an + Adv. ? N, ke-an + Num. ? N, ke-an + N ? N, ke-an + V ? V, ke-an
+  N  ? V,  dan  ke-an  +  Adj.  ? V.  (2)  Afiks  derivasional  ke-an  berfungsi menurunkan kata dengan makna yang menyatakan ‘hal yang berhubungan dengan bentuk dasar (D)’, ‘tempat atau wilayah kekuasaan yang tersebut pada bentuk dasar (D)’, ‘keadaan tertimpa perbuatan, keadaan, atau hal yang tersebut pada bentuk dasar (D)’, dan ‘dapat di-D atau ter-D’.

 

Kata kunci: afiks, pembentukan kata, derivasional, makna

×
Penulis Utama : Clarissa Fauzany Priastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215016
Tahun : 2019
Judul : Afiks derivasional ke-an dalam bahasa indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-B0215016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.