Penulis Utama : Imanuel Siegfrit Auparay
NIM / NIP : S581502003
×

Latar belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan indikator penilaian terhadap status dan kinerja kesehatan. Penyebab kematian ibu di Indonesia sering tidak hanya karena penanganan yang kurang baik dan kurang tepat, tetapi juga karena adanya faktor terkait komplikasi obstetrik, status reproduksi, pelayanan kesehatan dan sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko yang mempengaruhi kematian maternal di Kota Surakarta.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan rancangan retrospectif case control-study. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan Maret 2019 di Kota Surakarta. Pengambilan subyek penelitian kelompok kasus menggunakan metode fixed disease sampling dan  metode simple random sampling untuk kelompok kontrol. Didapatkan 11 subjek untuk kelompok kasus dan 33 subjek untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan divalidasi dengan data audit maternal puskesmas. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan chi square test, multivariat dengan metode regresi logistik berganda
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang bermakna antara komplikasi kehamilan (p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Simpulan: Terdapat pengaruh faktor komplikasi kehamilan, komplikasi persalinan, komplikasi nifas, status gizi, pemeriksaan ANC, keterlambatan pengambilan keputusan oleh keluarga dengan kematian maternal di Surakarta.
Kata Kunci: faktor risiko, kematian maternal, surakarta

×
Penulis Utama : Imanuel Siegfrit Auparay
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581502003
Tahun : 2019
Judul : Analisis faktor risiko kematian maternal di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Obstetri dan Ginekologi-S581502003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supriyadi Hari Respati, dr., Sp.OG(K)
2. Prof. Dr. Sri Sulistyowati, dr., Sp.OG(K )
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.