Penulis Utama : Rizky Permatasari
NIM / NIP : B0115049
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Struktur yang membangun cerita dalam novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus. S berdasarkan teori Robert Stanton; (2) Bentuk defense mechanism tokoh central dalam novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus.s berdasarkan teori psikologi sastra Albertine Minderop; (3) Dampak defense mechanism yang ditumbulkan terhadap kepribadian tokoh central dalam novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus. S. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar dari penelitian ini, kemudian menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk meninjau penelitian ini lebih lanjut.
    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan unsur struktural yang membangun novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus. S menurut teori struktural Robert Stanton; (2) Mendeskripsikan bentuk defense mechanism tokoh central berdasarkan teori psikologi sastra Albertine Minderop; (3) Mendeskripsikan dampak defense mechanism terhadap kepribadian tokoh central dalam novel Klelep ing Samudra Rasa. Manfaat penelitian ini diharapkan bisa memperkaya substansi ilmu pengetahuan dalam gambaran sebuah model pendekatan terhadap penelitian karya sastra.
    Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah pengertian psikologi sastra, pengertian novel, teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), teori psikologi sastra, teori defense mechanism Albertine Minderop.
    Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa novel dengan judul Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus.s yang diterbitkan oleh Lentera Ilmu pada tahun 2017. Data dalam penelitian ini berupa unsur-unsur intrinsik, defense mechanism yang digunakan karakter central dan dampak yang terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik content analysis (analisis isi). Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis strukturalisme dan psikologi sastra.
    Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) Secara keseluruhan novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus. S menunjukkan suautu kesatuan yang utuh dan sangat erat kaitannya antara unsur satu dengan lainnya dalam membangun cerita dalam novel tersebut. Unsur-unsur struktural saling terkait sehingga membentuk kesatuan yang indah; (2) Tokoh central dalam novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus. S tidak menggunakan semua bentuk defense mechanism pada teori Albertine Minderop. Bentuk defense mechanism yang dilakukan tokoh central cenderung pada bentuk defense mechanism yang tidak matang; (3) Dampak positif yang ditimbulkan salah satunya mampu mengurangi kecemasan dan mampu memberikan pengaruh kepada orang sekitar dalam artian yang positif. Dampak negatif yang ditimbul salah satunya adalah menyebabkan tidak relaks.
Kata Kunci: Novel Klelep ing Samudra Rasa, Tokoh Central, Psikologi Sastra, Defense Mechanism

×
Penulis Utama : Rizky Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115049
Tahun : 2019
Judul : Defense Mechanism (mekanisme pertahanan) pada karakter Central dalam novel Klelep ing Samudra Rasa karya Tulus.S (suatu tinjauan psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-B0115049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.