Penulis Utama : Yeremia Catur Nugroho
NIM / NIP : C0214066
×

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah i) konteks Idnas Aral dalam dunia sastra; ii) cermin kehidupan dalam naskah drama AGUAMA; dan iii) fungsi sastra dalam naskah drama AGUAMA.
Tujuan penelitian ini adalah i) mendeskripsikan konteks Idnas Aral dalam dunia sastra; ii) mendeskripsikan cermin sosial dalam naskah drama AGUAMA; dan iii) mendeskripsikan fungsi sastra dalam naskah drama AGUAMA.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek material penelitian ini adalah naskah drama AGUAMA, sedangkan objek formal penelitian adalah sosiologi sastra yang diperoleh melalui analisis struktur luar dan struktur dalam. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama AGUAMA karya Idnas Aral. Data berupa teks dialog naskah drama AGUAMA yang menunjukkan konflik dan kritik terhadap perkembangan zaman.
Konflik dan kritik tersebut disusun secara sintagmatik dan paradigmatik untuk mengetahui permasalahan yang terdapat dalam naskah AGUAMA. Dialog sebagai kritik ditemukan melalui pemaknaan dialog dan korelasinya terhadap keadaan yang terjadi hingga tahun 2019. Teknik penarikan simpulan dilakukan dengan ragam induktif, yakni data-data bersifat khusus ditarik ke arah simpulan yang bersifat umum.
Berdasarkan analisis menggunakan teori sosiologi sastra Ian Watt, simpulan penelitian ini adalah i) Idnas Aral adalah seorang sastrawan sekaligus pelaku teater yang mengkritik teater kampus di tahun 2019; ii) cermin sosial dalam naskah drama AGUAMA mencerminkan masyarakat kampus yang mengikuti arus global dan pelaku teater kampus yang ditinggalkan karena kelemahan mental; iii) fungsi naskah drama AGUAMA karya Idnas Aral sebagai kompromisasi pembaharu dan penghibur adalah pengungkapan Idnas Aral bersama Teater TESA kepada masyarakat kampus terhadap keadaan teater dan para pelakunya yang tergerus arus global.

×
Penulis Utama : Yeremia Catur Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214066
Tahun : 2019
Judul : Aspek Sosial dalam Naskah Drama Aguama Karya Idnas Aral: Kajian Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0214066-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.