Penulis Utama : Rizky Hapsari
NIM / NIP : K3315051
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam kelas XI MIPA 5 SMAN Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui implementasi model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi berbantuan LKS.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam kelas XI MIPA 5 SMAN Kebakkramat. Persentase kemampuan berpikir kritis meningkat dari 41,67% pada prasiklus menjadi 63,89% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I adalah 47,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, sedangkan untuk prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena telah mencapai target ketuntasan dengan hasil aspek sikap sebesar 94,44% dan aspek keterampilan sebesar 100%.

Kata Kunci : Inkuiri Bebas Termodifikasi, LKS, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Hidrolisis Garam

×
Penulis Utama : Rizky Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315051
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Model Inkuiri Bebas Termodifikasi Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMAN Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3315051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Lina Mahardiani, S.T., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.